Senin, 18 Juli 2011

PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

SILABUS PERKULIAHAN



MATA KULIAH
PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK

2 SKS
3 JS



DOSEN : Muhasibi Ichsan, S. Pd, M. Pd.




SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
STKIP DOKTOR NUGROHO
MAGETAN JAWA TIMUR
TAHUN 2011
SILABUS MATAKULIAH

I.                   IDENTITAS MATAKULIAH

Matakuliah                                 :  Metode Pengembangan sosial emosional

Kode Matakuliah                       : 
SKS                                             :  2 SKS
Waktu Pertemuan                      :  2x50 menit
Semester                                      : 1 (Satu)
Jenjang                                        : S-1
Program                                      : PGPAUD

II.                Deskripsi mata kuliah     :
                   Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga yang memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan 0-8 tahun. Para pendidik harus dapat memberikan layanan secara profesional pada anak didiknya dalam rangka peletakan dasar pengetahuan. Oleh sebab itu pendidik harus membekali diri untuk merancang program secara utuh sesuai dengan perkembangan anak. Pada mata kuliah perkembangan sosial emosional akan diberikan gambaran untuk mengaji dan berlatih merancang serta menerapkan pengembangan sosial emosional anak usia dini dengan berlandaskan pada berbagai teori dan pendekatan.

III.             TUJUAN UMUM PERKULIAHAN
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa diharapkan dapat;
1.    Menjelaskan batasan tentang pengembangan sosial emosi agama dan moral
2.    Menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial emosional.
3.    Menjelaskan pandangan para ahli tentang pengembangan sosial emosional anak.


IV.             POKOK BAHASAN PERKULIAHAN
       1.  Memahami secara singkat batasan pengertian sosial dan emosional
a.  Batasan dan teori pengembangan sosial dan emosional.
b.  Faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial dan emosional.
       2.  Memahami karakteristik perkembangan sosial           
a. Karakteristik perkembangan sosial emosi agam dan moral anak usia dini.                         b.Keterkaitan sosial dan emosional dengan aktivitas kehidupan anak.
    3.   Memahami berbagai faktor dan kondisi yang mempengaruhi social dan emosional
 anak.
a.       Faktor pendukung perkembangan sosial emosi
b.      Faktor penghambat perkembangan sosial emosi
c.       Kondisi pendukung sosial emosi AUD
d.      Kondisi penghambat sosial emosi AUD
4.         Memahami tentang pentingnya pengembangan sosial emosi pada anak usia dini.
a.         Pentingnya perkembangan sosial emosi agama dan moral
b.         Kaitan dengan konsep kecerdasan
c.         Peran dari pematangan dan belajar

5.         Memahami tentang prinsip pengembangan sosial emosi pada anak usia dini
a.         Pendekatan DAP pada AUD
b.         Pendekatan menyeluruh pada AUD
6.         Memahami cara terpadu pengembangan sosial emosi pada anak usia dini.
a.       Pendekatan terpadu untuk pengembangan sosial emosi
b.      Kegiatan rutin terprogram, spontan dan keteladanan untuk pengembangan sosial emosi
7.         Memahami strategi pengembangan sosial emosional pada anak usia dini.
a.    Sasaran pengembangan sosial emosi
b.    Metode yang digunakan pada pengembangan sosial emosi

8.         Memahami permasalahan sosial emosional pada anak usia dini.
a.    Permasalahan sosial emosi
b.    Faktor penyebab munculnya masalah sosial emosi
c.    Penanganan masalah sosial emosi
9.         Menjelaskan pelibatan orang tua dalam pengembangan sosial emosi anak usi dini.
a.     Keuntungan pelibatan orang tua dalam pengembangan sosial emosi AUD
b.    Pengorgansasian pelibatan orang tua dan sekolah
V.                METODEVPERKULIAHAN
Metode/Strategi Pembelajaran: Ceramah, Diskusi dan tanya jawab.
VI.             MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Whiteboard
2.      Laptop dan LCD
VII.               EVALUASI
1.      Akumulasi dan proporsi kehadiran
2.      makalah
3.      laporan kajian buku
4.      diskusi/seminar
5.      ujian tengah semester dan ujian akhir semester
VIII.       BUKU SUMBER
Bahan/Sumber Belajar : Hurlock.E.B, Perkembangan Anak jilid 1, Erlangga, 2004, Ali Nugraha &Yeni R. Metode pengembangan sosial emosi. Universitas Terbuka, 2004, Otib Satibi H. Metode Pengembangn moral dan nilai-nilai agam. Universitas Terbuka, 2004, DepDikNas. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan Di Taman Kanak-kanak. 2007













0 komentar:

Poskan Komentar